sukabumiraya.com - Sukabumi, Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, melakukan kunjungan lapangan dalam Program Rabu Observasi dan Aksi Sinergi Penanganan Stunting (ROASTING) di Wilayah Kecamatan Cikidang. Acara berlangsung di Aula Kantor Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Pemerintah Kecamatan Cikidang dan Pemerintah Desa Cicareuh telah berusaha keras untuk mencegah dan menurunkan angka stunting, termasuk melalui aksi Papanting yang fokus pada penanganan anak stunting di kecamatan, serta anting emas yang merupakan tindakan nyata dalam menangani masalah stunting bersama orang tua asuh.

Hingga saat ini, Desa Cicareuh berhasil menurunkan jumlah kasus stunting dari 20 menjadi 14, menjadikan desa ini sebagai lokus pada program ROASTING di wilayah kecamatan.

Dalam arahannya, Wakil Bupati memberikan apresiasi atas capaian dan langkah-langkah Pemerintah Desa Cicareuh dalam upaya menurunkan angka stunting. Ia sangat mengapresiasi beberapa inovasi yang telah diterapkan dalam penanganan masalah kesehatan ini.

"Saya ingin melihat sejauh mana perkembangan dan sinergitas dalam menurunkan angka stunting di kecamatan Cikidang. Alhamdulillah, perkembangannya cukup pesat, dan saya berharap angka stunting 14 ini terus menurun," ungkapnya.

Selain itu, Wabup juga mengingatkan pentingnya intervensi pada hal-hal yang sensitif, seperti kebersihan lingkungan dan ekonomi, guna mencegah kasus stunting baru di Desa Cicareuh.

"Perkembangan hari ini sudah bagus, tinggal mengatasi hal-hal sensitif, seperti kebersihan lingkungan dan perbaikan ekonomi," tambahnya.

Wabup berharap seluruh pihak terus bersinergi dalam melanjutkan program kemanusiaan ini untuk menciptakan generasi yang lebih baik dan kuat.

"Kita tidak boleh meninggalkan generasi yang lemah, kita harus menciptakan generasi yang kuat. Alhamdulillah, di Cikidang, angka stunting menurun," tutupnya.

YY.